Tips Menaikkan Penjualan dan Brand Awareness Bisnis

Spread the love

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memberikan suatu dampak positif bagi manusia, salah satu dampak positifnya ialah dapat mempermudah manusia dalam berbagai hal. Salah satunya manfaat adanya teknologi ialah bisa memanfaatkan produk teknologi seperti media sosial atau website sebagai media pemasaran yang efektif.

Dalam bisnis, kita perlu selalu meningkatkan penjualan atau brand awareness. Bagaimana tips naikkan penjualan dan brand awareness dari bisnis? Berikut penjelasan secara detailnya.

Apa Itu Brand Awareness?

Sebelum kita membahas mengenai tips naikkan penjualan dan brand awareness dari bisnis, maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu brand awareness? Brand awareness merupakan suatu kemampuan yang dimiliki konsumen untuk dapat mengingat suatu produk, merek, ataupun jasa.

Adanya kesadaran merek tersebut biasanya terjadi karena konsumen pernah membeli produk tersebut serta memberikan suatu kesan pada konsumen sehingga konsumen masih mengingat produk tersebut dengan baik.

Tips untuk Meningkatkan Brand Awareness pada Bisnis

Dalam dunia bisnis, brand awareness sangat penting karena dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk atau jasa dari suatu merek. Hanya saja untuk mengembangkan brand awareness kita perlu kerja yang ekstra dan penuh kesabaran.

Pasalnya brand awareness hanya bisa dicapai jika kita ulet memperkenalkan produk atau jasa yang sedang kita pasarkan. Nah, adapun beberapa tips yang bisa dilakukan untuk dapat meningkatkan brand awareness dan penjualan produk bisnis, yaitu:

  1. Memanfaatkan media sosial

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan brand awareness yaitu dengan memanfaatkan media sosial dengan sebaik mungkin. Hal ini karena menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2019 menyatakan bahwa jumlah orang yang menggunakan media sosial ialah 150 juta orang atau setara dengan 78% dari jumlah penduduk dunia. Dengan begitu, maka media sosial merupakan media yang tepat untuk melakukan pemasaran guna untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan.

  1. Menjalankan iklan

Cara selanjutnya yang bisa kita lakukan ialah dengan menjalankan iklan, baik itu iklan konvensional maupun iklan berbayar. Untuk iklan konvensional biasanya akan dilakukan dengan menggunakan reklame, banner, radio serta berbagai media lainnya. Sedangkan untuk iklan yang berbayar bisa menggunakan platform Google maupun platform yang ada di media sosial.

Selain menjalankan iklan di media sosial, kita juga bisa memanfaatkan influencer untuk mempromosikan produk kita. Dengan begitu maka akan banyak orang yang mengenali produk kita, semakin banyak orang yang mengenali produk kita maka akan semakin baik brand awarenessnya.

  1. Membuat konten marketing

Untuk bisa meningkatkan penjualan serta brand awareness, maka kita bisa melakukannya dengan membuat konten marketing. Hal ini cukup efektif karena marketing produk dikemas dalam konten yang menarik dan dapat membuat penasaran banyak orang.

Tips Jitu Dalam Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Secara Efektif

Selain beberapa tips di atas, masih banyak lagi berbagai tips yang bisa dilakukan untuk bisa meningkatkan brand awareness bisnis. Adapun beberapa tips yang bisa dilakukan untuk bisa terus meningkatkan brand awareness, diantaranya yaitu:

  1. Melakukan co-branding

Tips jitu yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness ialah dengan melakukan co-branding dengan brand lainnya yang lebih terkenal. Dengan melakukan kolaborasi dengan brand lain yang sudah terkenal maka akan sangat berguna bagi kita untuk bisa meningkatkan brand awareness dari bisnis kita.

  1. Memberikan promosi

Selain melakukan co-branding, hal lain yang dipercaya cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness yaitu dengan memberikan berbagai promo menarik. Hal ini karena sebagian besar masyarakat Indonesia akan tergiur dengan penawaran promo, dengan begitu maka banyak orang yang akan membeli produk kita dan mengetahui kelebihan serta kekurangan dari produk kita. Hal tersebut juga termasuk ke dalam usaha untuk meningkatkan brand awareness bisnis.

  1. Mengadakan event atau mengikuti event

Selain beberapa tips di atas, untuk bisa meningkatkan penjualan serta brand awareness, maka kita perlu untuk sering-sering mengadakan sebuah event ataupun sekedar berpartisipasi dalam setiap event. Hal ini karena dengan adanya event maka kemungkinan seseorang akan mencoba produk kita akan lebih besar dibandingkan kita hanya berdiam diri tidak melakukan apa-apa.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai tips naikkan penjualan dan brand awareness dari bisnis yang cukup efektif. Jika beberapa tips di atas dilakukan dengan baik maka dapat dipastikan brand awareness akan semakin naik. Hal ini yang perlu kita ingat ialah brand-brand yang saat ini berdiri besar dan kokoh dulunya merupakan suatu brand baru yang tidak dikenali.

Akan tetapi karena kemampuan meningkatkan brand awareness yang bagus maka lambat tahun membuat mereka besar. Bagi kalian yang sedang mengembangkan suatu bisnis maka jangan lupa untuk selalu membangun brand awareness yang baik demi kemajuan bisnis Anda.